16 Januari, Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Bu Kasur

Warta Lain – Google, mesin pencari paling populer ini menggunakan Google Doodle untuk merayakan pencapaian besar, liburan, dan sederet peristiwa penting lainnya.
Hari ini Google ikut merayakan hari ulang tahun pendidik dan penghibur anak-anak di Indonesia, Sandiah. Ia lebih sering dikenal sebagai Ibu Kasur, sosok ibu yang sabar dan penyayang yang namanya akrab ditelinga kalangan generasi 90-an.
Sandiah yang akrab disapa Ibu Kasur lahir di Jakarta pada tanggal 16 Januari 1926. Ia merupakan lulusan dari Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO).
Dikutip dari Google Doodle, sebutan Kasur yang melekat pada dirinya berasal dari Kak Soer, sapaan akrab suaminya, yakni Soerjono. Sehingga ketika suaminya dipanggil Pak Kasur, ia juga mendapat julukan Bu Kasur.
Ia bertemu suaminya ketika bergabung dengan Pramuka Indonesia. Kemudian menikah pada 29 Juli 1946 di Yogyakarta dan dikaruniai lima anak.
Dedikasi yang tinggi terhadap pendidikan anak-anak membuat Bu Kasur dan suaminya membuka sekolah pendidikan yang dinamakan TK Mini. Mereka menggunakan rumah mereka sendiri untuk membuka TK tersebut pada tahun 1965.
TK Mini telah mencetak beberapa lulusan ternama seperti mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Ateng dan Hayono Isman.
Sekolah ini menjadi titik mula pengabdian seumur hidup Kasur terhadap pendidikan anak-anak di Indonesia.
Program edukasi yang ia dan suaminya usung tidak hanya sampai disitu, ia juga menjadi pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI). Bu Kasur menjadi populer sebagai pembawa acara “Taman Indria” di saluran televisi TVRI.
Ia bahkan mendirikan empat cabang taman kanak-kanak nasional ketika menjadi ketua Yayasan Setia Balita di tahun 90-an.
Pasangan suami istri itu juga membuat lagu anak, mengedit majalah anak serta memproduksi film anak-anak. Terdapat lebih dari 150 lagu anak yang diciptakan oleh Kasur.
Hingga pada tahun 1988, tepat di Hari Anak Nasional, Ibu Kasur meraih Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.
Lagu “Naik Delman”, “Lihat Kebunku”, dan “Satu Satu Aku Sayang Ibu” menjadi lagu yang masih dinyanyikan oleh anak-anak Indonesia hingga saat ini.
Ibu Kasur telah meninggal dunia ketika berusia 76 tahun pada 22 Oktober 2002 lalu, akibat serangan stroke.

Pos terkait