5 Aktor Hollywood yang Kariernya Hancur karena Kasus Pelecehan Seksual

WARTAPANTURA.ID – Masyarakat Indonesia kini sedang dihebohkan dengan pemberitaan bebasnya Saipul Jamil setelah menjalani hukuman penjara akibat kasus pelecehan seksual. Yang bikin masyarakat Indonesia geram adalah ada stasiun TV yang memberikan perayaan atas bebasnya Saipul. Stasiun TV dianggap enggak bisa menghargai perasaan korbannya Saipul yang sudah pasti mengalami trauma.
Enggak hanya di Indonesia, kasus pelecehan seksual juga pernah dilakukan oleh para aktor Hollywood ternama. Begitu kasus pelecehan para aktor Hollywood berikut ini terungkap, mereka langsung menerima berbagai konsekuensinya, mulai dari kehilangan nama baik, kehilangan pekerjaan, hingga enggak laku lagi sebagai aktor.
Nah, siapa saja aktor Hollywood yang kariernya hancur karena kasus pelecehan seksual?:
1. Armie Hammer
 
Buat yang pernah menonton film Call Me by Your Name (2017), kalian mungkin enggak asing dengan Armie Hammer, aktor yang memerankan Oliver di film tersebut. Pada Januari lalu, Hammer dilaporkan oleh beberapa wanita atas tuduhan pelecehan seksual. Sebuah akun Instagram anonim bahkan merilis berbagai tangkapan layar yang mengungkapkan isi chat Hammer dengan berbagai wanita selama 2016—2020.
Beberapa wanita yang menjadi korbannya Hammer mengungkapkan bahwa aktor tersebut memiliki fantasi seksual aneh yang melibatkan kekerasan, pemerkosaan, dan kanibalisme. Yap, ada wanita yang mengaku bahwa Hammer menyuruhnya untuk melakukan operasi pengangkatan tulang rusuk agar Hammer bisa memakannya. Lalu, ada juga wanita yang mengaku bahwa Hammer mengatakan ingin memakan daging sang wanita, serta ingin menjilat luka yang ada di tangan sang wanita.
Enggak lama setelah kasus pelecehannya terungkap, Hammer langsung kehilangan banyak pekerjaannya. Dia dikeluarkan dari proyek film Shotgun Wedding, serta proyek serial The Offer dan Gaslit. Agensi yang dulu menaungi Hammer, yaitu WME, bahkan langsung memutuskan hubungan kerja sama dengan sang aktor.
2. Shia LaBeouf
Shia LaBeouf sempat begitu populer lewat seri film Transformers. Setelah berhenti membintangi Transformers, karier LaBeouf bisa dibilang mulai meredup. Ditambah lagi, LaBeouf pernah melakukan tindakan kekerasan karena pengaruh alkohol pada 2014 dan 2017. Namun, karier LaBeouf sempat pulih kembali setelah dia membintangi Honey Boy (2019).
Sayangnya, kebangkitan LaBeouf di dunia perfilman pun enggak berlangsung lama. Pada Desember 2020, mantan kekasih LaBeouf yang juga dikenal sebagai penyanyi, yaitu FKA Twigs, menggugat LaBeouf atas tuduhan pelecehan seksual. FKA Twigs mengaku dia mendapatkan kekerasan fisik dan verbal saat mereka masih menjadi kekasih selama 2018—2019.
Hanya beberapa hari setelah FKA Twigs menggugat LaBeouf, Netflix memutuskan untuk menghapus nama sang aktor dari laman pertimbangan penghargaan yang ada di situs Netflix. Selain itu, namanya juga dihapus dari sinopsis filmnya yang berjudul Pieces of Woman (2020). LaBeouf juga sama sekali enggak terlibat dalam proyek film apa pun hingga saat ini.
3. James Franco
James Franco telah diterpa masalah pelecehan seksual sejak 2014. Di tahun tersebut, seorang cewek berusia 17 tahun mengungkapkan bahwa Franco pernah memintanya untuk bertemu di kamar hotel lewat direct message Instagram. Franco mengakui perbuatannya, tetapi enggak merasa bersalah karena 17 tahun adalah usia dewasa di New York.
Empat tahun setelahnya, semakin banyak kasus pelecehan seksual Franco yang terungkap. Berawal dari momen Golden Globe 2018 yang mana Franco mengenakan pin Time’s Up. Pin tersebut sebagai simbol untuk memprotes pelecehan terhadap perempuan. Aksinya pun menjadi bumerang karena lima perempuan yang pernah menjadi murid aktingnya Franco mengungkapkan perilakunya sang aktor.
Proses hukum laporan pelecehan seksualnya Franco telah diselesaikan pada 21 Februari 2021. Franco dikabarkan harus membayar denda sebanyak 2,2 juta dolar (sekitar Rp31,3 miliar). Selama 2018 hingga saat ini, Franco seakan enggak begitu eksis di layar lebar. Dia hanya muncul di film yang disutradarai oleh dirinya sendiri.
4. Kevin Spacey
Pernah menang dua Oscar, enggak bisa dimungkiri bahwa Kevin Spacey merupakan salah satu aktor terbaik di Hollywood. Namun di balik prestasinya, Spacey ternyata mengalami kejatuhan karena tersandung kasus pelecehan seksual. Perilaku buruk Spacey terungkap ketika salah satu korbannya yang bernama Anthony Rapp buka suara pada Oktober 2017.
Rapp mengungkapkan bahwa Spacey melakukan pelecehan seksual kepada dirinya pada 1986, ketika Rapp masih berusia 14 tahun dan Spacey masih berusia 26 tahun. Setelah Rapp berani buka suara, 15 orang laki-laki lainnya akhirnya mengaku bahwa mereka juga menjadi korban pelecehan seksualnya Spacey.
Setelah masalah ini terungkap, Spacey dipecat dari musim terakhir serial House of Cards. Netflix juga membatalkan semua kerja samanya dengan Spacey. Lalu, semua adegan Spacey di film All the Money in the World (2017) diganti dengan aktor lain, yaitu Christopher Plummer. Sejak 2019 hingga saat ini, Spacey juga belum muncul di film maupun serial apa pun.
5. Louis C. K.
Pada September 2017, komedian perempuan bernama Tig Notaro mengumumkan berakhirnya kerja sama dengan Louis C. K. Hanya dua bulan setelah pengumuman tersebut, lima orang perempuan akhirnya mengaku bahwa mereka pernah mendapatkan pelecehan seksual dari C. K.
Dua komedian perempuan, yaitu Dana Min Goodman dan Julia Wolov, mengaku bahwa C. K. sengaja melakukan masturbasi di depan mereka pada 2002. Setelah pengakuannya Goodman dan Wolov, dua komedian lainnya, yaitu Rebecca Corry dan Abby Schachner, mengaku juga mengalami hal yang sama.
C. K. akhirnya mengakui segala perbuatan buruk yang dituduhkan kepadanya. Akibat perbuatannya, Universal Pictures memecat C. K. dari proyek film animasi The Secret Life of Pets 2 (2019). C. K. yang awalnya menjadi pengisi suara Max di film pertamanya, digantikan oleh Patton Oswalt. Lalu, film garapan C. K. yang berjudul I Love You, Daddy juga batal ditayangkan secara luas. Sejak 2017, C. K. tidak pernah terlihat lagi di film maupun serial.
Sumber: fans film box office

Pos terkait