7 Drama Korea Horor yang Bikin Momen Halloween Lebih Mencekam

WARTAPANTURA.ID – Akhir Oktober tentunya selalu lekat dengan perayaan Halloween yang dikenal dengan nuansanya yang menyeramkan. Momen Halloween pun umumnya dirayakan dengan berbagai aktivitas yang bisa memacu adrenalin, seperti menyaksikan tontonan bergenre horor. Namun, tontonan horor buat dinikmati saat Halloween tak cuma sebatas film Hollywood saja, melainkan juga drama Korea.
Yap, nyatanya sudah ada banyak drama Korea yang mengusung genre horor dan sangat cocok dijadikan tontonan saat Halloween. Sebagian besar drakor tersebut pun menghadirkan sosok hantu yang dijamin bakal bisa bikin kalian merinding. Namun, ada juga yang justru menyajikan ketegangan tersebut melalui sosok psikopat yang enggak kalah menyeramkannya.

Penasaran apa saja drama Korea horor yang cocok ditonton saat Halloween? Langsung saja simak pembahasan di bawah ini!


1.The Guest
The Guest adalah drama Korea yang menggabungkan tema horor, misteri, serta kriminal menjadi satu dalam plotnya. Kisah dari drakor ini berfokus pada sosok Yoon Hwa-pyung (Kim Dong-wook), seorang pria dengan kekuatan supernatural karena lahir di keluarga cenayang. Dia pun memburu sosok iblis bernama Sohn yang gemar merasuki tubuh orang dan membuat mereka mati, termasuk yang dialami oleh keluarganya sendiri.
Namun, Hwa-pyung enggak sendirian dalam memburu iblis tersebut. Soalnya, dia turut ditemani oleh pendeta bernama Choi Yoon (Kim Jae-wook) serta seorang detektif bernama Kang Gil-young (Jung Eun-chae) yang turut memiliki keterkaitan dengan sang iblis.
 2. Master’s Sun
Dibintangi oleh Gong Hyo-jin dan So Ji-sub, Master’s Sun adalah drama Korea yang cukup populer pada 2013 silam. Drakor ini mengisahkan cewek periang bernama Tae Gong-shil (Gong Hyo-jin) yang kehidupannya berubah total usai sebuah kecelakaan yang bikin dia bisa melihat hantu. Sejak saat itu, Gong-shil berubah menjadi sosok yang muram karena selalu ketakutan setiap kali melihat hantu.
Anehnya, Gong-shil menjadi enggak bisa melihat hantu sama sekali setiap kali bersentuhan dengan bosnya, yaitu Joo Joong-won (So Ji-sub). Joong-won kemudian mengizinkan Gong-shil untuk selalu berada di dekatnya, tapi dengan syarat Gong-shil mempertemukannya dengan cinta pertamanya yang telah tewas. Terlepas dari adanya bumbu romansa, sosok hantu yang muncul di drakor ini bisa dibilang sangat menyeramkan.

3. Kingdom
Mungkin sudah banyak dari kalian yang enggak asing lagi dengan drama Korea horor yang satu ini. Yap, Kingdom. Serial orisinal Netflix ini bisa dibilang cukup populer karena berhasil menghadirkan konsep yang unik. Soalnya, Kingdom menyajikan teror wabah zombie yang berlangsung pada era Dinasti Joseon yang bisa dibilang enggak pernah diangkat oleh berbagai serial sebelumnya.
Drakor ini pun sudah memiliki total dua musim dengan cerita yang dijamin mampu membuat kalian tegang sewaktu menontonnya. Selain itu, serial ini juga memiliki film spin-off berjudul Kingdom: Ashin of the North (2021) yang mengisahkan asal-usul munculnya wabah zombie tersebut.
4.Hotel del Luna
Kalau kalian butuh tontonan bertema horor yang enggak terlalu menyeramkan, Hotel del Luna mungkin bisa menjadi pilihannya. Drakor yang dibintangi oleh Lee Ji-eun alias IU beserta Yeo Jin-goo ini pun mengisahkan kehidupan di sebuah hotel yang enggak biasa. Pasalnya, hotel yang bernama Hotel del Luna tersebut adalah tempat penginapan bagi para arwah sebelum pergi ke alam baka.
Drakor ini berfokus pada Jang Man-wol, wanita yang telah menjadi pemilik Hotel del Luna selama ribuan tahun karena sebuah kutukan. Pada suatu hari dia pun bertemu dengan manusia bernama Gu Chan-sung yang kemudian menjadi manajer hotel sekaligus dipercaya bisa menghilangkan kutukannya. Drakor ini pun lebih banyak mengandung unsur romansa, meski tetap menghadirkan beberapa momen jumpscare dari para hantu.
5. Strangers from Hell
Berbeda dengan sejumlah drakor sebelumnya, Strangers from Hell enggak menyajikan momen menegangkan lewat sosok hantu, melainkan karakter dengan kepribadian psikopat. Kisah dari drakor ini berfokus pada Yoon Jong-woo (Im Si-wan), pemuda yang pindah ke Seol setelah diterima magang di sebuah kantor di kota tersebut. Hal ini pun membuat Jong-woo kemudian mencari tempat untuk tinggal di Seoul.
Setelah mencari-cari, Jong-woo pun menemukan Eden Studio, sebuah apartemen kecil dengan harga yang sangat terjangkau yang kemudian dipilihnya sebagai tempat tinggalnya sementara. Namun, apartemen tersebut ternyata diisi oleh orang-orang yang aneh dan penuh misteri. Bahkan, selama tinggal di sana, Jong-woo kerap mengalami kejadian tak mengenakan dan juga mengancam nyawanya.
6.The Cursed
Kebayang enggak, apa jadinya jika kalian memiliki kemampuan untuk membawa kematian terhadap siapapun? Well, hal inilah yang dialami oleh Baek So-jin, remaja “terkutuk” yang bisa menewaskan siapa saja dengan menggunakan nama, foto, ataupun barang milik orang terkait.
Di sisi lain, ada seorang reporter wanita yang sedang melakukan investigasi terhadap sebuah perusahaan IT besar yang dianggap jahat. Hal tersebut pun kemudian mempertemukannya dengan sang remaja terkutuk. Drakor ini pun bisa dibilang memiliki nuansa yang sangat kelam karena turut menghadirkan tema yang berkaitan dengan perdukunan, pengusiran roh, serta ilmu hitam.
7.Strange School Tales
Strange School Tales drama spesial layanan streaming Viu yang khusus dirilis untuk momen Halloween 2020 lalu. Drama Korea yang berjumlah 12 episode ini pun memiliki konsep antologi di mana kisah para karakternya berbeda-beda setiap empat episode. Jadi, drakor horor ini memiliki total tiga alur cerita berbeda, tapi sama menegangkannya.
Meski punya konsep antologi, ketiga macam cerita yang ada di drakor ini pun berada di satu semesta yang sama dan seluruh misteri di dalamnya berkaitan dengan rahasia di SMA Eungbo. Kisah yang disajikan pun memiliki tema yang berbagai macam. Mulai dari kasus pembunuhan di SMA Eungbo, murid misterius di SMA Eungbo, hingga guru SMA Eungbo yang mencoba untuk mengungkap misteri kematian orang tuanya.

Pos terkait