Berantas Penyakit DBD, Babinsa Bersama Warga Lomanis Lakukan Gertak PSN Serentak

Cilacap, WARTAPANTURA.ID – Babinsa Kelurahan Lomanis Koramil 01/Cilacap Serka Catur Pambudi bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Marsita dampingi kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) DBD yang dilaksanakan serentak di Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah, Sabtu (12/2/22).
Kegiatan serentak yang melibatkan unsur Pemerintah, TNI, Polri dan juga Masyarakat sebagai wujud nyata sinergitas antara pemerintah daerah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, masyarakat dan instansi terkait dalam upaya menekan, mengendalikan dan memberantas kasus DBD di wilayah Kelurahan Lomanis melalui dengan PSN yang dinilai sangat efektif untuk memberantas jentik nyamuk tersebut.
Kegiatan diikuti Lurah Lomanis Wahyu Indarto,SE., Kasi Kesra Kecamatan Cilacap Tengah Mulyono, S.Sos, Babinsa Serka Catur P., Babimkamtibmas Aiptu Marsita, Kasi Kesra Kelurahan Lomanis Nining Martini, S.Sos., Bidan Kelurahan Lomanis Leni, Ketua LPMK Rochani, Ketua Tim Penggerak PKK Lomanis dan Ibu-ibu petugas Jumantik di tiap-tiap RW Kelurahan Lomanis.
Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Serka Catur Pambudi menyampaikan kepada warga bahwa selain secara serentak, kegiatan PSN juga bisa dilakukan secara mandiri di rumahnya. Melalui kegiatan PSN ini, diharapkan dapat memberantas jentik-jentik nyamuk DBD. 
“Kita juga mengingatkan kembali kepada warga bahwa DBD adalah salah satu penyakit berbasis lingkungan yang pencegahannya dimulai dari masyarakat itu sendiri. Salah satunya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, itu yang paling utama dan bisa dilaksanakan seminggu sekali PSN Mandiri di rumah,” Jelasnya.
Dalam pelaksanaanya, sasaran yang di kontrol oleh petugas Jumantik maupun instasi yang terkait antara lain Bak Mandi yang 3 hari belum dibersihkan airnya, air minum burung/hewan, Ban Bekas, Botol Aqua gelas, Dispenser, Kulkas dan Pot bunga. Petugas juga memberikan pemahaman ke warga untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih yaitu melalui 3 M (Menguras
Menutup dan Menyingkirkan/Mendaur Ulang).
“Dengan adanya masalah kesehatan, bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja tetapi memerlukan dukungan semua pihak maupun Instasi terkait dalam mewujudkan masyarakat Kelurahan Lomanis yang sehat dan bebas dari segala ancaman penyakit,” Kata Lurah Lomanis Wahyu Indarto.
Ditengah mewabahnya virus corona, Lurah Lomanis juga mengingatkan agar warga tidak boleh lengah dengan penyakit lain yang sangat menular dengan cepat melalui gigitan nyamuk yaitu DBD (Demam Berdarah). Mengingat ada beberapa warga yang terjangkit virus ini, selaku perwakilan dari  pemerintah daerah maupun tingkat kelurahan, Pengurus RW dan Kader Jumantik Kelurahan Lomansi, akan melaksanakan giat rutin yaitu Gertak PSN se Kelurahan Lomanis.
“Semoga dengan adanya Gertak PSN ini bisa merubah lingkungan menjadi bersih dan tidak ada lagi warga yang terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti maupun terbebas dari penyakit apapun,” Pungkasnya.

Pos terkait