Bupati Bangkalan Jenguk Anak Penderita Tumor Rahang: Biaya Pengobatan Ditanggung

Bangkalan, WARTAPANTURA.ID – Ditengah kesibukan dan aktivitasnya, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron masih menyempatkan diri menyambangi Riyan (12) di RSUD Syamrabu, Jumat (07/01/2022). Riyan merupakan warga Dusun Pao Kejing, Desa Durjan, Kecamatan Kokop.
Anak pertama dari pasangan Mustofa dan Hayatun itu sejak 3 bulan yang lalu menderita tumor mandibula (rahang). Sejak menderita tumor, Riyan belum pernah berobat sekalipun karena tak mempunyai biaya.
“Pasien ini kemudian dijemput oleh Ambulans Peduli Tretan Dhibi’ (Amphibi) ke rumahnya. Sementara untuk pembiayaan sudah ditanggung beakesmaskin,” kata Bupati Ra Latif. 
Selain melihat kondisi Riyan, Ra Latif juga menyapa para pasien yang berada satu ruangan dengan Riyan. Bupati menanyakan langsung tentang pelayanan yang ada di rumah sakit. 
“Abele gi manabi pelayanannah tak sae (bilang ya, kalau pelayanan tidak bagus),” kata Bupati kepada pasien. 
Sekedar diketahui. Sebelum Riyan dijemput oleh  Ambulans Peduli Tretan Dhibi’ (Amphibi), ia ditemukan sakit oleh para petugas SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) saat melakukan pendataan dan verifikasi data di sesa yang masuk kategori kemiskinan ekstrem. 
“Ketika turun ke warga ada orang itu sakit, tidak dibawa ke RS karena tidak punya biaya dan orang tuanya memang tidak mampu,” kata Ilham salah satu petugas SLRT yang melakukan pendataan di Kecamatan Kokop. 

Pos terkait