Bupati Bantul Hadiri Wiwitan di Caturharjo, Ekspresi Budaya Religius Masyarakat Bantul

Bantul, WARTAPANTURA.ID – Badan Usaha Milik Kalurahan (Bumkal) Catur Sejahtera, Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Pandak bersama Pokdarwis setempat, menyelenggarakan upacara wiwitan di Gluntung Lor Caturharjo, Pandak pada Sabtu siang, (12/03). Acara ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih didampingi instansi terkait antara lain Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul.
Lurah Caturharjo, Wasdiyanto, S.Si, mdalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam prosesnya sampai dengan masa panen saat ini, para pertani berjuang menggunakan pompa karena sawahnya belum memiliki pengairan yang baik. Dirinya berharap pengairan di wilayah sawah ini dapat ditingkatkan sehingga produktivitas petani juga dapat meningkat.
Bupati Bantul mengapresiasi kerja keras, semangat, dan kekompakan dari masyarakat di Kalurahan Caturharjo dalam menjalankan pertanian sampai pada pelaksanaan upacara wiwitan. “Wiwitan adalah ekspresi budaya kita, ekspresi budaya ini sangat positif, masyarakat Bantul yang memiliki kebudayaan religius menggantungkan hidupnya kepada Tuhan YME”, terang Abdul Halim Muslih.
Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam membangun kesejahteraan. Hal tersebut karena pemerintah sebagai pemegang kekuasaan di daerah tidak bisa bekerja sendiri, tanpa adanya campur tangan dan kontribusi dari masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bantul juga terus berupaya untuk mengupayakan kesejahteraan masyarakat melalui program-program di berbagai sektor baik itu, pertanian, pariwisata, kebudayaan, dan sektor lainnya.(hms) 

Pos terkait