Bupati Subang Serahkan Golok Terpanjang Sedunia ke museum Subang

Subang, WARTAPANTURA.ID – Kang Jimat menghadiri kegiatan Serah Terima Golok Terbesar di Dunia ‘Golok Barlen sekaligus meninjau Museum Subang di Wisma Karya, Rabu 10 November 2021.

Dalam Sambutannya Kepala Bidang Kebudayaan yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang Kadar Hendarsyah, S.Pd., M.Hum. menyampaikan Golok Barlen merupakan salah satu 10 Pemajuan kebudayaan teknologi tradisional, yang juga menambah koleksi UPTD Museum Subang yang berjumlah sekitar 230 koleksi.
Kadar juga menyampaikan dengan diserahkannya Golok Barlen, Kini Museum Subang mempunyai 3 koleksi besar, yaitu bagian tulang Stegodon, Bejana Perunggu, dan Golok Barlen terpanjang di Indonesia bahkan di dunia dengan panjang 13 meter.
Ketua Komunitas Golok Barlen Taufiq Hidayat menjelaskan Golok Barlen dibuat secara gotong royong oleh masyarakat Tanjungsiang, dirinya berharap generasi muda meneruskan semangat dalam perjuangan membangun dan melestarikan kebudayaan Subang.
Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada pengrajin yang telah membuat Golok Barlen. Kang Jimat menyampaikan terlebih hari ini adalah Hari Pahlawan dan golok adalah salah satu senjata yang digunakan dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Kang Jimat berharap dengan adanya Golok Barlen di Museum Subang, masyarakat dalat melihat dan mempelajarai perjuangan orang Subang di masa lalu.
Kegiatan ditutup dengan atraksi silat golok oleh Karin Lim Kepala Museum Pusaka Indonesia Tangerang.

Pos terkait