Curah Hujan Tinggi Sebabkan Jalan Kabupaten Di Gumelar Tidak Bisa Dilewati

Banyumas , WARTAPANTURA.ID – Akibat hujan yang tak kunjung berhenti pada rabu malam (09/02/2022) Jalan kabupaten tepatnya di Grumbul Ciwaras RT 02 RW 02 Desa Cihonje Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas yang menghubungkan Desa Cihonje dengan Desa Kedungurang mengalami longsor sepanjang 20 Meter.

Longsornya jalan kabupaten tersebut terjadi akibat hujan deras sehingga menyebabkan aktifitas masyarakat terganggu karena separo lebih jalan tersebut amblas akibat longsor, apalagi di bawah jalan itu terdapat tebing sehingga perlu segera mendapatkan penanganan dari instansi terkait.
Mendengar informasi tersebut Babinsa desa Cihonje Koramil 14/Gumelar Sertu Sujoto langsung menuju ke lokasi bersama BPBD Banyumas, Dinas PU Banyumas, Polsek Gumelar dan pemerintah desa Cihonje, guna melihat langsung di TKP. Kamis (10/02/2022).
Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono, melalui WS. Danramil 14/Gumelar Kapten Inf Subandi menyampaikan bahwa pada titik longsoran diberikan tanda bahaya atau polisi line guna menghindari orang yang mau melintas karena jalan tersebut merupan jalan kabupaten yang menghubungkan antar desa.
Danramil menyampaikan bahwa imbas dari amblasnya jalan ini sangat mengganggu aktifitas masyarakat karena warga harus memutar jauh apabila mau menuju ke desa Kedungurang, jadi dengan datangnya dinas PU Banyumas dan BPBD Banyumas semoga penanganan jalan tersebut akan segera di selesaikan.
Penyebab longsor karena curah hujan tinggi di daerah tersebut, serta labilnya tanah akibat adanya retakan di sekitar lokasi sehingga air masuk dan membuat tanah jadi jenuh kemudian terjadi amblas sedalam 2 meter.
Selain jalan terputus ini juga ada beberapa tempat di wilayah kecamatan gumelar yang mengalami longsor seperti di RW 08 Grumbul Karang Rinjing desa Samudra yang menutup jalan desa sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor dan di grumbul Tameng Desa Cilangkap ada rumpun bambu Longsor menimpa belakang rumah warga. Terangnya.
Danramil juga menghimbau masyarakat selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan cepat dari instansi terkait. Pungkasnya.

Pos terkait