Fashion Show Lansia Ramaikan Hari Ibu Banyumas

Foto : Dok. Humas Pemkab 
Banyumas, WARTAPANTURA.ID – Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Banyumas merayakan peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember. Perayaan Hari Ibu ke – 93 ini dihadiri oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, Ketua TP PKK Ibu Hj. Erna Sulistiawati, Wakil Bupati Banyumas beserta Istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas beserta Istri, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas beserta Ibu Lina Budhi Setiawan selaku ketua Riwara Kabupaten Banyumas dan para Kepala OPD Kabupaten Banyumas di Pendopo Sipanji Purwokerto (22/12/2021). 
Hari Ibu diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa – jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh. Peringatan hari ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia akan makna hari ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan, perjuangan bangsa. Untuk itu perlu diwarisi api semangat juang 
Pada peringatan Hari Ibu ke – 93 ini mengusung tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang memiliki makna perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju, Banyumas hebat. uga terdapat pemberian penghargaan Gender Champion bagi 5 orang yang berdedikasi dan berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan dan anak, diantaranya adalah Ibu Hj. Erna Sulistiawati, Ibu Dr. Ir. Hj. Rahayu Widiyanti, S.E., S.H., S.Pd. AUD, Ibu Dr. Estiningrum, S.H., M.Hum, Junianto S.H, MKn dan Ibu Siti Muhjari. 
Tak hanya itu, acara peringatan dimeriahkan dengan fashion show dengan peserta lansia dari 27 kelurahan dari 4 kecamatan di kota purwokerto didampingi oleh para kepala OPD Kabupaten Banyumas. Fashion Show di nilai langsung oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Ketua DPRD Banyumas Dr. Budhi Setiawan, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Didi Rudwianto. Ada beberapa kategori juara dalam lomba fashion show ini diantaranya adalah Juara 1 diraih oleh Ny Mudrikah dari Kelurahan Karangpucung, Juara 2 oleh Ny Geger Subekti dari Kelurahan Bobosan, Juara 3 oleh Ny Rukijah dari Kelurahan Pabuaran, Juara Harapan 1 oleh Ny Vera Tri dari Kelurahan Rejasari, Juara Harapan 2 oleh Ny Suwarni dari Kelurahan Pasir Kidul, Juara Harapan 3 oleh Ny Sumari dari Kelurahan Purwokerto Kulon, Juara Terfavorit oleh Ny Upi Suprijati dari Kelurahan Purwokerto Kidul, Juara Terunik oleh Ny Suminah dari Kelurahan Kranji dan Juara Tertua oleh Ny Rukijah dari Kelurahan Pabuaran.
“Dengan adanya acara hari ini, kami berharap lansia anggapannya tidak hanya menjadi beban tetapi menjadi lansia yang mandiri dan produktif untuk bisa berkarya mewujudkan kesetaraan gender.” Ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DPPPKB P3A, Erna Hendriati. 
Erna Husein selaku Ketua Dewan Penasehat Oraginisasi Wanita Kabupaten Banyumas dalam sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Hari Ibu merupakan bentuk penghargaan pada perjuangan perempuan dari masa ke masa yang tidak pernah lepas dari konsepsi kemandirian yang diupayakan untuk memandirikan diri agar tidak tergantung pada orang lain sehingga menjadikan perempuan dapat berdaya dan setara kedudukannya. 
”Selamat hari ibu ke – 93 semoga peringatan ini bisa menjadi momentum penting untuk mendorong peran perempuan dalam program – program pemerintah baik dalam penurunan covid – 19, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian balita, stunting, KDRT, pernikahan dini deteksi dini kanker serviks, pemulihan ekonomi dsb.” Tambahnya 
Bupati Banyumas Achmad Husein juga mengucapkan Selamat Hari Ibu, beliau mengatakan bahwa tanpa Ibu kami tidak akan ada di dunia ini maka pada siang hari ini pemerintah mengadakan apresiasi kepada ibu – ibu terutama lansia. Ini adalah acara supaya ibu – ibu ceria.
Cr: Hms

Pos terkait