Gapura Gerbang Emmas Yang Di Bangun Masa Kepala Desa Satori Kini Menjadi Ikon Kebanggaan Warga Desa Cigadung

Gapura Gerbang Emmas Yang Di Bangun Masa Kepala Desa Satori Kini Menjadi Ikon Kebanggaan Warga Desa Cigadung
Editor : DG 
Warta Sejarah – Ikonik Desa Menjadi Tren juga ciri khas atau penanda suatu wilayah pedesaan, Liputan Redaksi, Minggu (28/11)
Desa harusnya menjadi tonggak utama ekonomi Nasional, dengan adanya anggaran dari pemerintah pusat yang fantastis menjadikan Desa bisa mengembangkan pembangunan mandiri. 
Liputan Redaksi WartaPantura.id kali ini tertuju pada ikonik Desa Cigadung Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. 
Desa Cigadung adalah sebuah desa Dikecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes provinsi Jawa Tengah, yang merupakan sebagian warganya sebagai petani dan buruh lepas. 
Batas wilayah Desa Cigadung, sebelah barat Desa Tiwulandu, utara Desa Cihaur,  Selatan Desa Malahayu dan Timur Desa Parereja. 
Dilansir dari situs Pemdes Cigadung Cigadung-Brebes.Sideka.id sejarah desa Cigadung Konon menurut cerita kakek, dulu ada sebuah desa yang hilang, desa pegadungan namanya.
Desa tersebut terletak di sebelah selatan perkampungan yang sekarang di tempati warga desanya, Menurut cerita, Desa pagadungan hilang pada masa penjajahan zaman Belanda dulu Saat terjadi pembantaian di 3 Daerah yaitu Tegal, Pekalongan dan Brebes.
Untuk daerah Brebes di Brebes tepatnya di Banjarharjo sebagian masyarakatnya lari ke gunung untuk menghindari serangan dari Belanda terkecuali masyarakat di desa pagadungan. 
Menurut cerita Sejarah konon banyak Warga yang mempunya Ilmu Kanuragan sangat tinggi, untuk melindungi masyarakatnya dari belanda para sesepuh desa melakukannya dengan cara menabur sesuatu di sekeliling desa agar tidak terlihat oleh Belanda secara kasat mata. 
Setelah melakukan sesuatu untuk melindungi warganya , para sesepuh pada masa itu ikut perang melawan belanda, namun naas di kisahkan menurut cerita para sesepuh ini gugur dimedan perang. 
Setelah dikisahkan gugur sampai saat ini tidak ada yang bisa melihat desa tersebut.Ternyata yang di tabur oleh sesepuh itu adalah abu dan abu ini di tabur di atas tanah membentuk lingkaran. Sang sesepuh tidak menyisakan tanah yang tanpa abu sebagai pintu atau jalan keluar dari desa itu, maka dari itu warganya tidak bisa keluar dari desa pagadungan. 
Konon Dari peristiwa tersebut, terbentuklah sejarah nama Desa Cigadung karena namanya hampir mirip. 
Itulah penggelan beberapa yang konon asal mula nama desa Cigadung, Dikutip dan dihimpun dari beberapa cerita warga 
Gapura Gerbang Emmas ini menjadi Salah satu ikon Desa Cigadung

Gapura Gerbang Emmas ini menjadi Salah satu ikon Desa Cigadung, Gapura yang di bangun sekitar Tahun 2007 an Menurut Sumber warga Setempat, dibangun pada masa Bapak Satori Menjabat Kepala Desa Cigadung, namun untuk Sumber anggaran pembangunan tersebut warga tidak mengetahuinya 
Desa Cigadung sendiri terdiri dari tiga Dusun yaitu Dusun Cigadung, Dusun Beber dan Dusun kubanglingke, Gapura gerbang emas terletak di Dusun Beber RT 001 /001 jalan Raya Banjarharjo Barat. 

Pos terkait