Gus Yahya Resmi Menjadi Ketua PBNU Periode 2021-2026, Ini Dia Perjalanan Karirnya

 Yahya Cholil staquf biasa disapa Gus Yahya resmi ( Foto : Suara.com)
WARTAPANTURA.ID, Yahya Cholil staquf biasa disapa Gus Yahya resmi terpilih sebagai ketua umum PBNU periode 2021 – 2026, dilansir dari Kanal Youtube Bisnisdotcom, Sabtu (24/12/21)
Gus Yahya unggul 107 poin dari inkumben Said Aqil Siradj dalam pemilihan yang berlangsung di Muktamar NU ke-32 Lampung pada tanggal 23 desember 2021. 
Total suara yang didapat Gus Yahya mencapai 317 sedangkan Said Aqil hanya 110 suara dari total 428 suara. 
Gus Yahya pria kelahiran Rembang 16 Februari 1966 dikenal sebagai Kiai ulama dan tokoh NU serta menjabat sebagai Katib Aam PBNU. 
Gus Yahya merupakan santri dari Kyai Haji Ali Maksum di Madrasah Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. 
Tak hanya itu Gus Yahya juga seorang mahasiswa UGM yang aktif di organisasi HMI cabang Yogyakarta. 
Perjalanan karirnya pun beragam mulai jadi sekretaris umum Katib syuriah PBNU sejak 2015, juru bicara Presiden RI Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi dewan pertimbangan presiden pada 31 Mei 2018 yang dilantik Jokowi. 
Gus Yahya juga merupakan salah satu inisiator pendiri Institut keagamaan di California Amerika Serikat pada 2014 serta dirinya juga pernah didaulat sebagai utusan GP Ansor dan PKB untuk jaringan politik yang tersebar di Eropa dan dunia 
Centris Democrat International (CDI) dan Europen people’s party (IPP), bahkan American Jewish commite (AJC) pernah mengundangnya untuk berpidato soal resolusi konflik keagamaan. 

Pos terkait