Hari Jadi Ke 451 Banyumas : Ziarah Ke Makam Joko Kaiman Mengenang Sosok Yang Rela Berkorban

 

Banyumas, WARTAPANTURA.ID – Bupati Banyumas Achmad Husein dan Wakil Sadewo Tri Lastiono bersama Ketua DPRD dr Budhi Setiawan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), serta Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono dan beberapa pejabat eksekutif di jajaran Pemkab Banyumas, melaksanakan ziarah ke makam R Joko Kaiman Bupati Pertama Banyumas, di makam Dawuhan, Banyumas Kamis (17/2/2022). Kegiatan digelar secara terbatas, dalam rangka peringatan hari jadi ke 451 Kabupaten Banyumas. Bupati beserta rombongan melakukan ziarah, dengan mendoakan bupati pertama R Joko Kaiman atau adipati Mrapat serta menaburkan bunga di pusara pendiri Banyumas tersebut.

“Tujuan kami dan rombongan adalah mendoakan Raden Djoko Kaiman atau Adipati Mrapat, Bupati pertama Banyumas yang sudah mendirikan Banyumas hingga saat ini,” kata Bupati.

Pada Ziarah ini doa dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Banyumas Nastolih.  Bupati Banyumas bersama rombongan berada di cungkup makam mereka memanjatkan doa bersama. Ziarah diakhiri tabur bunga di pusara makam Raden Joko Kaiman yang dipimpin oleh Bupati Achmad Husein diikuti undangan lainya.

Dalam sambutan pengantar Bupati Achmad Husein menyampaikan bahwa Banyumas bisa seperti sekarang berkat pengabdian, perjuangan, dan kerja keras pada bupati terdahulu. Menurutnya Raden Joko Kaiman mempunyai jiwa yang kesatria dan tidak mementingkan diri sendiri. Ketika mendapat hadiah dari Sultan Pajang Hadiwijaya berupa Penobatan sebagai Adipati Warga Utama II, tapi karena keiklasannya beliau membagi wilayah kekuasaanya menjadi 4 kepada saudara-saudaranya yang lain.

“Jiwa kesatria dan rela berkorban inilah yang patut kita tauladani” ungkapnya.

Untuk itu bupati mengajak agar acara ziarah ini, dapat diambil manfaat disamping untuk mengenang jasa bupati terdahulu juga sebagai intropeksi diri, dan rasa untuk menghargai para pendahulu.

Usai acara sambutan, doa dan tabur bunga, bupati keluar cungkup, langsung menuju Bus bersama-sama kemabli ke Pendopo Sipanji Purwokerto. Tidak ada pembagian uang sebagaimana biasa, hal tersebut menurut bupati untuk menghindari kerumanan

Pada hari jadi tahun ini hanya ada cara ziarah dan pelereman pusaka, namun tidak ada kirab. Puncak acara akan dilaksanakan upacara peringatan hari jadi Banyumas di Halaman Pendopo Sipanji Purwokerto dan Sudang Paripurna DPRD.(hms)

Pos terkait