Hari Menanam Pohon, Dewi Aryani Dan IPSM Kampanyekan Tanam Pohon

Tegal, WARTAPANTURA.ID – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, M.Si menggelar kegiatan penanaman 100 bibit pohon durian di Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal bersama IPSM Kabupaten Tegal, Minggu (28/11/2021).
Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Menanam Pohon yang jatuh pada tanggal 28 November ini di rangkai dengan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako dan santunan untuk anak-anak yatim piatu.
DeAr panggilan akrab Dewi Aryani mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hari peringatan yang ditujukan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian pada seluruh masyarakat mengenai pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.
“1 hektar ruang terbuka hijau yang dipenuhi pohon besar, dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk 1.500 penduduk/hari”, tandasnya.
Manfaat pohon diantarnya adalah untuk :
Estetis (keindahan)-menciptakan keindahan dari bentuk khas yang dimiliki, Orologis-mencegah erosi atau pengikisan tanah melalui akar pohon yang kuat, Hidrologis-membantu menyerap air hujan ke tanah, Klimatologis-menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman, Edaphis-sebagai tempat hidup satwa, Ekologis-memberikan keseimbangan lingkungan, Protektif-memberikan perlindungan dari berbagai hal seperti terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara,
Hygienis-menghasilkan O2 (oksigen) di siang hari dan dapat menyerap CO2 (karbondioksida),
Edukatif-menjadi tempat belajar mengenal pepohonan untuk anak-anak dan dewasa.
Dewi Aryani mengajak semua eleman masyarakat untuk menanam dan merawat pohon di lingkungan sekitarnya dan menggelorakan semangat untuk merawat pohon sebagai bentuk kampanye penanggulangan perubahan iklim, “Pohonku, Pohonmu, Pohon Kita Bersama”. 

Pos terkait