Ini 7 Alasan Mengapa Nonton Film Itu Penting


WARTA FILM
– Menonton film tidak selamanya membuang waktu. Sebaliknya, menonton film justru penting. Berikut diberitakan KRjogja, beberapa alasan penting untuk menonton film yang dirangkum dari sebuah wawancara terhadap beberapa penikmat film.

Hiburan yang relatif Murah

Alasan paling umum orang-orang menonton film adalah mencari hiburan. Di Jogja, di luar bioskop konvensional, ada banyak pemutaran-pemutaran film yang harga tiket masuknya terjangkau, bahkan gratis.

Update isu sosial

Film juga menyampaikan realitas sosial dari kehidupan sehari-hari. Tidak jarang, film memberikan kritik terkait isu-isu sosial di sekitar. Banyak-banyak menonton film ternyata memperluas pemahaman tentang peristiwa yang terjadi di luar sana, mulai dari human trafficking sampai kasus korupsi.

Apresiasi

Membuat film itu bukan hal mudah. Makanya, tidak jarang ada penikmat film yang menonton film sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha keras filmmaker dalam mewujudkan filmnya.

Mendukung Produksi Film

Penonton tentu sangat berperan dalam kelangsungan produksi film. Bukan hanya soal keuntungan, tapi juga soal penyampaian pesan. Film dibuat dengan tujuan yang berbeda-beda, salah satunya untuk menyampaikan pesan. Semakin banyak ditonton, semakin banyak dan meluas juga pesan yang disampaikan.

Referensi

Film bukan cuma soal cerita. Film juga berisi informasi yang kompleks tentang banyak hal. Misalnya, lewat film, kita bisa tahu mulai dari budaya di suatu tempat, sampai cara berpikir golongan tertentu. Makanya, banyak menonton film dan memperkaya referensi bisa memperluas wawasanmu.

Komunikasi dengan Filmmaker

Dalam beberapa pemutaran film yang juga menghadirkan diskusi langsung dengan sutradara, ini tentu menjadi alasan khusus untuk datang menonton. Lewat diskusi langsung, penonton bisa bebas menyampaikan persepsi yang ia dapatkan tentang film yang ditonton dan juga bertanya pada filmmaker baik tentang proses produksi, hingga distribusi film.

Pos terkait