Kompleks Pemakaman Inggris terletak di Jl.Veteran Kelurahan Jitra

Foto: Budi Utomo 
Warta Sejarah – Pemakaman Kristen yang merupakan makam Inggris yang terbesar di Asia Tenggara. Obyek wisata ini merupakan saksi sejarah bahwa kota Bengkulu dan Inggris mempunyai hubungan sejarah di masa lalu. Selain itu ada juga Marlborough Benteng yang legendaris yang kira-kira berjarak 800 meter dari komplek makam.
Dalam komplek makam ini terdapat banyak makam para tokoh penguasa Inggris yang mengusai Bengkulu pada tahun 1775 sampai tahun 1940. Diantaranya adalah McDouglas, Parker, Hutchinson, Mclean dan lain-lain.
Seperti yang diketahui Inggris pernah menjajah Indonesia pada tahun 1650 dan Bengkulu merupakan pusat pemerintahan kolonialis. Dan tentara Inggris maupun warga sipil yang meninggal dikuburkan di Bengkulu.
Komplek makam ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara karena ada sekitar 1.000 batu nisan yang berbentuk artistic monumental dalam berbagai ukuran yang terletak di lahan seluas 4,5 hektar dalam ukuran panjang 300 meter dan lebar 150 meter. Meski sekarang jumlah total daerah tersebut menyusut, yakni hanya tinggal 53 kuburan.
Teks : utiket.com
Photo : Budi Utomo  2 sept 2019

Pos terkait