Lakukan Penyederhanaan Birokrasi, Bupati Indramayu Lantik 148 Pejabat Fungsional

Lakukan Penyederhanaan Birokrasi, Bupati Indramayu Lantik 148 Pejabat Fungsional/ Foto.dok dskmf
Indramayu, WARTAPANTURA.ID – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melantik sebanyak 148 pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Pelantikan ini merupakan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Pendopo Kabupaten Indramayu, Jum’at (31/12/2021).
Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Indramayu No. 821.28/Kep.298-BKPSDM/2021 Tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.
Bupati Nina Agustina mengatakan, sesuai pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo perlu ada penyederhanaan atau Eselonisasi birokrasi di lingkungan pemerintahan yang cukup 2 level yakni Eselon I dan Eselon II, sementara sisanya diganti dengan jabatan fungsional. Hal ini sesuai Peraturan Men-PANRB RI No. 17 Tahun 2021 Tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional.
“Pelantikan jabatan hari ini, selain menjadi perwujudan dari amanat Presiden Joko Widodo, disamping itu untuk upaya kita semua mewujudkan PNS yang berkualitas, profesional serta maksimal melayani masyarakat sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing,” ujar Bupati.
Menurutnya, jabatan fungsional ini akan menekankan pada keahlian dan kompetensi sehingga proses kerja di birokrasi lebih cepat dan dinamis dalam pengambilan keputusan serta turut memberikan jenjang karir pegawai menjadi lebih luas.
Untuk mencapai itu semua, pejabat yang hari ini dilantik diminta menyesuaikan diri secepat mungkin dan terus meningkatkan kompetensi sesuai dengan jabatan fungsionalnya, karena penyetaraan jabatan ini baru langkah awal dan selanjutnya masih banyak pekerjaan yang dilakukan setiap instansi pemerintah dalam penyederhanaan birokrasi.
Bupati Nina menekankan, pejabat yang baru saja dilantik menjadi pejabat fungsional harus bangga karena jabatan ini tidak diisi oleh semua orang, akan tetapi pengisiannya lebih pada arah keterampilan tertentu dengan implementasi penyetaraan jabatan. Disamping itu dalam jabatan fungsional ini juga dapat mengakselerasi visi Kabupaten Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).
Orang nomor satu Indramayu ini berharap, kesuksesan visi Indramayu Bermartabat harus nyata dijalankan oleh pejabat fungsional dengan patuh terhadap kebijakan pemerintah daerah untuk menyelesaikan segala pekerjaan rumah terkait persoalan masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.
“Kesuksesan Visi Misi Indramayu ada di pundak bapak dan ibu. Mari semuanya bersama-sama dengan saya kita wujudkan Visi Indramayu Bermartabat,” pungkasnya. 

Pos terkait