Mangunjaya Bakal Punya Kawasan Agrowisata Hutan Mangga

Dok.Diskominfo
INDRAMAYU, WARTAPANTURA.ID – Kabupaten Indramayu selain dikenal sebagai penghasil beras terbesar tingkat nasional dan juga pemasok 30% kebutuhan ikan Jawa Barat dari hasil perikanan tangkap dan budidaya juga memiliki potensi perkebunan yang luar biasa terutama mangga. Ini lah yeng menyebabkan Kabupaten Indramayu dikenal sebagai “Kota Mangga”.
Potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu disektor perkebunan ini ternyata juga dapat dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dan eduwisata bagi masyarakat. Potensi itu akan bisa berkembang secara pesat manakala dikelola dengan baik.
Salah satu daerah yang tengah mencoba mengembangkan kawasan agrowisata mangga adalah Kecamatan Anjatan. Lokasi yang akan rencananya akan dijadikan kawasan agrowisata mangga di Kecamatan ini adalah Desa Mangunjaya.
Demi mewujudkan kawasan Agrowisata Mangga, Pemerintah Desa Mangunjaya menyelenggarakan Musyawarah Sosialisasi Agrowisata Mangga Mangunjaya pada Kamis, (20/01/2022).
Camat Anjatan Rory Firmansyah yang hadir bersama unsur Forkopimcam Anjatan, Kuwu Desa Mangunjaya, BPD, para tokoh tani, tokoh warga dan Pendamping Desa pada musyawarah ini memaparkan besarnya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu. Salah satu potensi yang ada yaitu sektor perkebunan selanjutnya dapat dikembangkan menjadi kawasan agrowisata dan eduwisata.
“Besarnya potensi sektor pertanian dan perkebunan yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu harus dikembangkan lagi. Ternyata tidak saja sekedar menjadikan daerah ini sebagai penghasil padi atau mangga saja, namun lebih dari itu yakni dapat dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dan eduwisata bagi wisatawan yang berkunjung,” katanya.
Camat Rory menambahkan, pihaknya akan terus bekerjasama dengan berbagai stakeholder terkait, dan akan terus berupaya mengembangkan potensi sektor perkebunan khususnya kawasan Hutan Mangga di Desa Mangunjaya ini. Hai ini dikarenakan potensi Hutan Mangga Desa Mangunjaya dapat dikembangkan sehingga memiliki nilai guna lebih terhadap pengembangan pariwisata yang terus berkembang. 
 
“Agrowisata Mangga akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kecamatan Anjatan khususnya Desa Mangunjaya. Potensi ini cukup besar bisa dikembangkan, sebab akan menjadi destinasi bagi wisata-wisata lainnya di daerah ini.” ungkapnya.
Pada musyawarah tersebut terlihat antusiasme warga Desa Mangunjaya menyambut rencana pengembangan Kawasan Agrowisata di desanya. Camat Rory yang terlihat sangat senang dengan antusiasme warga sengaja menantang kesiapan warga yang hadir.
“Jadi bagaimana bapak-bapak, apakah siap mendukung dan setuju Desa Mangunjaya akan punya Agrowisata Hutan Mangga?” Tanya Camat Rory
“Setuju…. ” jawab para peserta musyawarah secara bersama. (*)

Pos terkait