Mengenang Kembali Sosok Inspektur Vijay, Polisi India Yang Melegenda


Credit : Post Bang Yosh 

Warta Gosip, WARTAPANTURA.IDSalah satu inspektur yang paling terkenal di India dan mungkin di seluruh dunia adalah sosok Inspektur Vijay. Ia yang pertama kali muncul di film berjudul Zanjeer ini benar-benar ikonik sekali!
Sosok itu pertama kali diperankan oleh Amitabh Bachchan pada film Zanjeer yang tayang pada tahun 1973 lalu. Pada film tersebut, karakter itu tumbuh menjadi sebuah pahlawan baru dan tokoh ikonik dalam industri perfilman India.
Amitabh Bachchan sendiri dinilai sangat berhasil dalam membawakan karakter polisi yang heroik, gagah, serta ahli bertarung tersebut.
Pada saat itu, sang sutradara yang bernama Salim-Javed ini menghadirkan sosok tersebut untuk mengkritik polisi India yang dinilai gagal mengayomi masyarakat.
Ia merasa polisi di India tak berhasil membuat warga tenang dan gagal menyelesaikan huru-hara politik serta ketidakadilan yang menimpa masyarakat lapisan bawah.
Maka dari itu, dirinya memunculkan sosok Inspektur Vijay yang disimbolkannya menjadi harapan akan keadilan yang mana dirindukan para warga kala itu.
Tak disangka, karakter tersebut menuai kesuksesan yang besar. Bahkan karena film dan peran tersebut, Amitabh Bachchan mendapatkan 20 peran sebagai Vijay setelah film tersebut.
Ibarat James Bond, sosok Inspektur Vijay tak melulu diperankan oleh Amitabh Bachchan. Diketahui ada juga beberapa aktor lainnya yang pernah memerankan karakter tersebut seperti Mithun Chakraborty, Anil Kapoor, Ajay Devgan hingga Jagdish Raj Khurana.
Untuk nama terakhir, ia adalah aktor paling banyak berperan sebagai polisi dan tentunya menjadi Inspektur Vijay. Pria kelahiran 1928 itu bahkan masuk dalam Guinness World Records sebagai aktor yang paling sering berperan sebagai polisi.
Diketahui sudah ada 144 judul film yang dimainkannya dan dirinya berperan sebagai polisi. Namun, karakter yang diperankan oleh Jagdish Raj Khurana berbeda jauh dengan yang diperankan oleh Amitabh Bachchan. Ia digambarkan sebagai polisi yang sembrono dan suka telat dalam menangani masalah.

Pos terkait