Menteri Siti Nurbaya Resmikan Ekoriparian Taman Tjimanoek Indramayu

Foto: Istimewa
Indramayu, WARTAPANTURA.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK-RI) Siti Nurbaya meresmikan Ekoriparian Tjimanoek yang berlokasi di Bantaran Sungai Cimanuk Lama Kabupaten Indramayu, Senin (13/12/21).
Penandatanganan prasasti dan gunting pita secara simbolis itu, secara langsung dilakukan oleh Menteri LHK RI Siti Nurbaya didampingi pejabat Kementerian LHK RI, Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar, Anggota DPR RI Ono Surono, Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif dan Dandim 0616 Indramayu Letkol Inf. Teguh Wibowo serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya Menteri Siti Nurbaya mengatakan, Ekoriparian Tjimanoek menjadi langkah pemerintah daerah dan PT. Polytama dalam melakukan kombinasi kegiatan restorasi sempadan sungai dengan kegiatan penurunan beban pencemaran, khususnya dari limbah domestik dan sampah masyarakat. Keberadaannya diharapkan dapat menjadi tempat edukasi lingkungan dan ekowisata sungai untuk masyarakat.
“Ekoriparian artinya aktivitas di tepi sungai yang kita lakukan sesuai dengan sungainya. Melalui pertemuan ini, situasi yang berkembang, yang selalu menjadi diskusi di tingkat nasional maupun global. Kenapa? Karena masalah lingkungan telah menjadi perhatian dan di samping untuk lingkungan yang baik yang sehat untuk rakyat, juga harus bernilai sesuatu kesejahteraan termasuk juga ekonomi,” katanya.
Menurutnya, pelestarian lingkungan dengan menanam pohon sudah menjadi sebuah kebutuhan. Dengan begitu akan tercipta keharmonisan dengan lingkungan yang memiliki nilai ekonomi, juga hasil kerjanya yaitu nilai ekonomi karbon.
“Infrastruktur hijau yang selama ini dibangun harus berorientasi untuk mengatasi masalah-masalah lingkungan. Kita akan terus bersama sama dengan semua jajaran daerah untuk hal-hal yang baik dan sangat positif,” tambahnya.
Sementara itu Presiden PT. Polytama Propindo menjelaskan, pihaknya berkomitmen akan terus mendukung program pemerintah daerah terkait perubahan iklim dan penghijauan negeri dalam menjawab tantangan dengan inovasi dan kolaborasi.
“PT. Polytama Propindo mengucapkan terima kasih khususnya kepada Ibu Bupati Indramayu Nina Agustina karena memperoleh dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Indramayu sehingga kami dapat berpartisipasi untuk mengembangkan berbagai program inovasi sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kami. Dalam hal ini adalah untuk melestarikan area terbuka hijau dan program pemberdayaan lainnya,” jelasnya.
Ia menambahkan, program Ekoriparian untuk menjawab tantangan serta perubahan dengan mewujudkan inovasi dan pola kolaborasi, sehingga diharapkan keberadaanya mampu menciptakan dan mengembalikan kembali kebersihan dan keasrian sungai di tengah Kota Indramayu.
“Kami berharap dengan sinergi yang ada maka penciptaan sungai yang bersih dan asri ditengah jantung Kota Indramayu bisa terwujud dan semoga membawa manfaat dari program CSR PT. Polytama Propindo yang kami laksanakan ini,” tandasnya. 
Dalam kesempatan ini, Menteri Siti Nurbaya bersama Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar sempat berkeliling melihat pameran lukisan dan UMKM yang mengolah Buah Mangga Khas Indramayu persis di pinggir Bantaran Kali Cimanuk Indramayu. 

Pos terkait