Pasca Longsor Di Pekuncen Aparat Bersama Warga Gotong Royong Atasi Material Longsor

Banyumas, WARTAPANTURA.ID – Longsornya tebing tanah milik Bapak Darsono di Grumbul Kelapa Jejer RT 04/04 Desa Cibangkong  Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, yang mengakibatkan sebagian badan jalan Kabupaten antara Kecamatan Pekuncen menuju kecamatan  Gumelar tertutup akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah Kecamatan Pekuncen.
Menyikapi hal tersebut , Koramil 15/Pekuncen bekerjasama dengan Polsek Pekuncen, BPBD Banyumas dan Relawan serta masyarakat Grumbul Kelapa Jejer Desa Cibangkong  Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas berjibaku membersihkan material longsoran meskipun kondisi cuaca masih hujan ringan. Jum’at (18/03/2022).
Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Subandi yang turun langsung ke lapangan menjelaskan bahwa pada titik longsoran jalan dilakukan pembersihan material dengan menggunakan alat sederhana, yang melibatkan TNI-Polri, BPBD Banyumas, relawan dan warga sekitar sehingga jalan tersebut bisa dilewati kembali.
Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras sehingga menyebabkan aktifitas masyarakat terganggu karena separo lebih jalan tersebut tertutup akibat longsoran yang menyebabkan jalan Kabupaten menghubungkan antar kecamatan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.
Akses jalan tersebut merupakan jalan utama penghubung dari kecamatan Pekuncen menuju kecamatan Gumelar. Berkat gotong royong bersama warga masyarakat, jalan sudah dapat dilalui dengan baik dan aktifitas warga tidak terganggu lagi namun harus tetap hati-hati saat melewatinya karena kondisi masih licin.
Danramil menyampaikan apresiasi atas semangat kerja bakti atau gotong royong warga. Menurutnya dalam kebersamaan penanganan bencana itu dapat menjadi upaya untuk mempererat tali silaturahmi guna mengatasi kesulitan rakyat sekililingnya.
Danramil menghimbau masyarakat selalu waspada karena curah hujan masih tinggi dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan cepat dari instansi terkait. Pungkasnya.(*) 

Pos terkait