Peranan Bambu Pernah Tidak Tergantikan Di kota Batavia

Sumber foto : e-bay.com
Warta Sejarah – Ya… pada masa keemasannya bambu memang hadir hampir dalam segala aspek kehidupan manusia. Terlalu panjang jika diuraikan aplikasi bambu dalam kehidupan sehari-hari. Just info dalam ilmu para dukun beranak (istilahnya sekarang adalah bidan) ada peranan bambu yang cukup vital bagi mereka. 
Kebutuhan bambu bagi masyarakat Batavia banyak disuplai dari kawasan Bogor dan Bojong. Batang bambu yang panjang itu dikirim dari Bogor dengan cara dihanyutkan. Sebelum dihanyutkan bambu-2  tersebut dirangkai terlebih dahulu menjadi rakit bambu. Baru kemudian dihanyutkan lewat Ciliwung. 
Setibanya di lokasi maka bambu tidak langsung dipreteli tetapi dibiarkan satu hingga beberapa hari baru kemudian dipreteli dan dibawa ke lapak bambu yang biasanya tidak jauh dari Ciliwung. Sebelum dipreteli para ibu-2 (kadang juga bapak) biasanya menggunakan rakit tersebut untuk mencuci pakaian. 
Pada foto yang dibuat pada tahun 1910’an ini bisa kita saksikan kegiatan mencuci atau binatu di Ciliwung. Perhatikan ujung bambu sengaja ditekuk ke atas agar tidak terlalu panjang. Dan agar menghemat tempat maka rakit ditumpuk hingga 4 lapis. Perlu diketahui juga bahwa kadang lapak bambu itu sengaja menggunakan rakit atau istilahnya “lapak terapung”.  
Untuk memperoleh informasi lengkap mengenai komoditas bambu di kota Batavia masa lampau maka silahkan diklik tautan dibawah ini: 
Teks : Otografi vlog 

Pos terkait