Pukesmas Kandanghaur Rujuk Pasien Ke RSUD

Indramayu, WARTAPANTURA.ID – Kata Dokmaru kini sudah bukan merupaan kata asing di telinga masyarakat Kabupaten Indramayu. Ya. Dokmaru yang merupakan singkatan dari Dokter Masuk Rumah adalah salah satu program Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar yang menghadirkan pelayanan kesehatan langsung ke rumah warga. Bukan hanya itu, Dokmaru pun turut mengawal kesembuhan pasien dengan merujuk pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
Seperti halnya yang dilakukan oleh Tim Dokmaru Pusat Kesahatan Masyarakat (Puskesmas) Kandanghaur Indramayu. Berawal dari adanya pengaduan masyarakat melalui Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Indramayu yang meneruskan pengaduan tersebut kepada Tim Dokmaru Puskesmas Kandanghaur.
Setelah menerima pengaduan, Tim Dokmaru Puskesmas Kandanghaur segera beranjak ke rumah pasien di Blok Bloran RT 004/003 Desa Bulak Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Adalah Muhamad Sutrisno (34) yang mengeluhkan telah mengalami sakit selama 1 bulan. Sutrisno menderita demam, batuk dan pilek selama satu bulan terakhir. Selain itu Sutrisno juga mengeluhkan sesak nafas, badan lemas dan juga kepalanya yang terasa sakit seperti ditusuk-tusuk (nyeri kepala kronis).
Dari hasil pemeriksaan dokter pelaksana medis pada Puskesmas Kandanghaur, dr Vivi Nurvianti mendiagnosis Sutrisno menderita “obs. dyspneu”, sebuah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan bernapas. Dari hasil diagnosis, Tim Dokmaru Kecamatan Kandanghaur segera melakukan terapi sementara.
Sutrisno sempat dirawat di Puskesmas Kandanghaur sejak hari Kamis (10/3/2022). Namun demi penanangan lebih lanjut, kepada Sutrisno disarankan untuk dilakukan pemeriksaaan penunjang di RSUD Indramayu yang lebih langkap fasilitasnya.
Langkah selanjutnya, Tim Dokmaru Puskesmas Kandanghaur merujuk Sutrisno ke RSUD Indramayu untuk dilakukan Rontgen, Elektrokardiogram (EKG), dan juga cek darah pada Jum’at 11/3/2022 sore. (Kominfo) 

Pos terkait