Pulau Samber Gelap Kotabaru si mungil Yang Indah

Warta Piknik – Salah satu pulau kecil yang berada dikabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pulau cantik dengan pantai yang memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan air laut yang berwarna biru kehijau hijauan, gelombang yang tidak terlalu besar sehingga untuk berjemur dan berenang akan menjadi lokasi yang sangat tepat. Pulau ini juga terkenal sebagai habitat penyu hijau dan penyu sisik. Di sini juga ada tempat memancing yang bagus, dilokasi banyak ditemukan spot-spot ikan terutama ikan tengiri dengan bobot yang cukup besar, sehingga kalau ada yang hobi memancing maka tidak ada salahnya berkunjung ke pulau ini.
Di pulau ini terdapat ribuan terumbu karang yang kondisinya masih sangat alami buat kalian yang suka snorkeling, Selain itu keberadaan ikan-ikan kecil nan menggemaskan akan menemani para wisatawan saat berenang. Di pulau ini juga dibangun penangkaran telur penyu. Anda dapat melihat peristiwa unik berupa anak penyu yang baru menetas berjalan ‘ngesot’ menuju ke lautan pantai. Ada dua jenis penyu yang menjadi penghuni pulau ini, yakni penyu hijau dan penyu sisik. 
Berkunjung ke Pulau Samber Gelap tidak bisa setiap saat. Hanya pada bulan-bulan tertentu saja, seperti April, Mei, Oktober, November dan Desember. Pasalnya di waktu tersebut kondisi ombak di lautan sangat tenang dan aman untuk dilintasi kapal. Tidak disarankan berkunjung selain di bulan yang sudah dijadwalkan lantaran kondisi angin laut bisa saja sangat kencang sehingga membuat ombak menjadi besar dan sangat membahayakan keamanan.
Menuju Pulau Samber Gelap bisa memulai perjalanan dari Banjarmasin. Di kota ini naik pesawat dari Bandara Syamsyudinnor ke Kabupaten Kotabaru. Lama perjalanan menggunakan pesawat sekitar 1 jam. Jika memilih melalui jalur darat, perjalanannya memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam.
Sesampainya di Kotabaru, selanjutnya adalah 
menggunakan Speedboat dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Bisa juga naik kapal nelayan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Dermaga kapal nelayan berada di dekat pasar kotabaru, kapal motor yang biasanya mengantarkan wisatawan ke Pulau samber gelap bertulisan kapal motor “Bahagia”
Saat sudah memasuki kawasan Samber Gelap. Anda dijamin akan terpesona dengan keindahan alamnya. Bahkan sebelum mencapainya, sepanjang perjalanan di lautan sudah disuguhkan panorama beberapa pulau kecil yang sangat indah.
Mengunjungi Samber Gelap rasanya tidak puas bila tidak bermalam. Tersedia penginapan berupa cottage dengan tarif sekitar Rp200 ribu per malam. Atau bisa membawa perlengkapan camping ke sini. Sayangnya belum ada penyewaan alat selam sehingga perlu membawanya sendiri.
📍 Pulau Samber Gelap, Kotabaru Kalsel
📷 @bjmtravel.id @banjartraveler @trend_kalsel @instakalsel @eksplorekalsel @eksploresambergelap @sambergelap_trip @visitkotabaru @visit.kalimantan @borneocamptrip @borneocamp__
#PecintaObyekWisataIndonesia

Pos terkait