Sejarah Pabrik Gula Kersana Kabupaten Brebes Hingga Isu Pengalihan Fungsi

Pabrik Gula Ketanggoengan Barat / Kersana ( Foto : Istimewa)

Warta Sejarah – Pabrik Gula Ketanggoengan Barat (Ketanggoengan West Suiker Fabriek)

Adalah sebuah pabrik gula yang terletak di Kecamatan Kersana,Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. 
Nama resmi dari PG KETANGGOENGAN BARAT adalah NV (Sebutan untuk PT dalam bahasa Belanda) Cultuur Maatschappij (Perusahaan Penanaman) Ketanggoengan-West yang didirikan di Amsterdam pada 11 April 1904.
Perusahaan Ini adalah penerus badan hukum dari pemilik sebelumya,Seorang Tuan tanah berkebangsaan Belanda bernama L.T. Gonsalves.
Beliau adalah sang pemilik tanah di daerah Ketanggungan barat dan sekitarnya.
Sebelum PG KETANGGUNGAN BARAT dibangun,Dulunya L.T Gonsalves mendirikan perusahaan swasta bernama NV Landbouw Maatschappij Ketanggoengan-West yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan.
Dikutip dari berbagai sumber,  di bombardir oleh pesawat Belanda pada masa pendudukan karena salah sasaran yg mana tujuan aslinya adalah PG Tersana Baru di daerah Babakan – Cirebon karena disana terdapat markas tentara republik sehingga berakhirlah kejayaan PG Kersana. Berlokasi di Kab. Brebes seb. Barat ketanggungan, disana masih ada sisa” bangunan kantor dan beberapa Perumahan dinas dan sebagai ownernya L T Gonsalves.
Sempat diisukan juga pada tahun 2019,di lansir dari berbagai media besar di Indonesia bahwa PG Kersana akan di alih fungsikan menjadi Pabrik Alkes (alat kesehatan), yang mana investor asal Korea siap berinvestasi.
Dengan nilai cagar budaya yang tinggi, banyak yang menyayangkan jika memang nantinya hal ini akan terjadi, seperti dilansir dari Tribun Jateng dimana Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Brebes mengatakan harus di lalui pemanfaatan bangunan tersebut, juga mengatakan tidak boleh menghilangkan bangunan cagar budaya tersebut.
Dikutip dari : Berbagai Sumber 

Pos terkait