Seputar Mewahnya Jakarta International Stadium

Foto : Riki Kurniawan, Wibisono Ari
Warta Bola – JIS juga direncakanan memiliki lahan parkir yang luas yang dapat menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang sedianya bagi para pemain dan official team, serta 100 bus di lahan parkir bus.
LUAS 22,1 HEKTAR DAN FASILITAS VIP
Jakarta International Stadium dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi atau 22,1 hektar. Area JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf di atas lahannya, yakni paduan rumput organik dan rumput sintetis.
JIS juga dirancang dengan fasilitas 200 tempat duduk khusus difabel, fasilitas sky-viewing deck di ketinggian 70 meter, dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, ruang ganti mewah, dan area yang akan dibangun fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.
GREEN BUILDING DENGAN DESAIN TRADISI
Jakarta International Stadium menjadi gedung ramah lingkungan dengan sertifikasi dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Dengan demikian, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang mengusung sustainability atau konsep keberlanjutan.
JIS menggunakan energi baru terbarukan lewat solar panel sebesar 5,1% dari daya listrik yang dibutuhkan gedung. Ruang dan taman stadion JIS juga mengunakan lampu LED yang lebih hemat energi. Sementara itu, lapangan JIS menggunakan sport lighting khusus untuk kebutuhan siaran.
Sebagai informasi, desain bangunan utama JIS menggunakan filosofi ikat kepala khas Betawi dengan bagian depan lubang-lubang kecil mengambil filosofi gigi balang, ornamen khas Betawi. Lubang tersebut juga akan bisa dijumpai di akses pedestrian sisi barat dan timur JIS, serta plafon di sejumlah ruangan.
Lubang-lubang kecil ini, di samping estetik, juga mendukung sirkulasi udara ke dalam bangunan stadion. Dengan demikian, lubang dengan filosofi gigi balang ini membantu mengurangi kebutuhan pemakaian AC.
“Ini untuk pemenuhan green building, karena 50 persen dari komponen ini akan mengalirkan udara secara alami. Jadi, udara akan masuk untuk mendinginkan, khususnya untuk area tribune,” kata Manajer Proyek PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Arry Prabowo.

Pos terkait