Singkap Keindahan Alam Guci, Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Tegal Gelar Lomba Fotografi


Tegal, WARTAPANTURA.ID – Lewat bidikan lensanya, sebanyak 105 fotografer mengeksplorasi keindahan objek wisata pemandian air panas Guci, Senin (01/11/2021). Mereka terlibat dalam ajang Explore Guci Photo Competition yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal bekerjasama dengan pegiat fotografi Kabupaten Tegal yang tergabung dalam Explore Guci Collaboration.

Ajang kompetisi yang melibatkan jurnalis foto kawakan, Arbain Rambey, sebagai dewan jurinya tersebut dibuka oleh Bupati Tegal Umi Azizah.
Lewat sambutannya, Umi mengapresiasi antusiasme peserta yang datang dari berbagai daerah. Ini menunjukkan destinasi wisata Guci masih cukup menarik sebagai spot fotografi. Menurutnya, pengabadian keindahan panorama alam Guci dan berbagai wahana yang ada di dalamnya melalui media foto sangat membantu meningkatkan citra kepariwisataan daerah.
“Melalui unggahan karya foto peserta lomba ini, setidaknya nama Guci akan terindeks, menguat kembali di mesin pencari Google,” kata Umi.
Umi pun mendukung kegiatan yang berorientasi pada upaya pengembangan kepariwisataan ini. Terlebih sektor yang mampu menggerakkan sektor usaha lainnya dan mewadahi berbagai subsektor industri kreatif ini menjadi unggulan pihaknya dalam memulihkan kondisi perekonomian daerah yang lesu akibat pandemi Covid-19.
Era media sosial, sambung Umi, menuntut persaingan ketat antar pengelola objek pariwisata di mana strategi promosi sebagai ujung tombaknya dituntut lebih agresif, kreatif dan menarik.
Untuk itu, dirinya pun berharap para peserta bisa ikut membantu mempromosikan pariwisata di Kabupaten Tegal dengan mengunggah segala kebaikan potensi dan daya tarik Guci lewat karya fotonya, termasuk produk UMKM di dalamnya.
”Foto-foto ungguhan bapak, ibu akan menjadi amal kebaikan yang akan mengalir terus pahalanya jika lewat perantara foto tersebut orang jadi tertarik datang ke Guci dan berbelanja, menggerakkan perekonomian lokal,” ujar Umi.
Sejumlah fotografer mengabadikan keindahan objek wisata pemandian air panas Guci di ajang Explore Guci Photo Competition, Senin (01/11/2021).
Senada dengan itu, Kepala Disporapar Kabupaten Tegal Saidno mengatakan kompetisi foto ini menjadi sarana promosi selain ajang penyaluran hobi yang positif. Pihaknya pun berencana menetapkan lomba fotografi ini sebagai kegiatan rutin tahunan dan bergilir di sejumlah objek wisata lainnya.
Sebelum kompetisi foto dimulai, seluruh peserta mendapat pengarahan dari Arbain Rambey melalui sesi workshop. Lewat penjelasannya, ia menekankan hasil foto yang dikumpulkan peserta harus memenuhi tiga hal, yaitu bagus, indah dan menarik.
Keluar sebagai pemenang lomba fotografi ini, juara satu diraih Untung Riyadi, juara dua Widi Anggriawan dan juara tiga Jelly Febrian. Adapun juara harapan satu hingga tiga, berturut-turut diraih Muhyidin, Wingki Zalu Septian dan Mohammad Reza Gemi Omandi. 

Pos terkait