Ternyata Lombok Dikenal Dengan Putri Mandalika

Foto :Istimewa 
Warta Sejarah – Putri Mandalika dikenal sebagai seseorang yang memiliki paras cantik dan baik hati. Karena semua keistimewaannya, ia dilamar oleh banyak pangeran dan pemuda.
Sang Raja pun meminta Putri Mandalika untuk memilih lamaran siapa yang akan diterima. Ia pun pergi bersemedi untuk memilih yang terbaik dari semua lamaran yang datang.
Sampai lah pada keputusan. Ia meminta semua orang, termasuk pangeran dan pemuda yang melamarnya berkumpul di pantai Putri Nyale yang juga dikenal sebagai pantai Seger (kuta Lombok).
Ia berdiri di atas batu besar dan menyampaikan beberapa kata. Dalam ucapannya, ia berharap agar tidak ada perpecahan atau peperangan karena memperebutkan dirinya.
Usai mengucapkan hal itu, Putri Mandalika memutuskan untuk terjun ke dalam laut. Semua orang lantas mencarinya, sayang sang Putri tidak ditemukan.
Mereka yang mencarinya justru menemukan cacing berwarna-warni yang diberi nama Nyale. Cacing tersebut dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika yang hilang.
Dari kisah itu, penduduk sekitar akhirnya selalu melaksanakan acara Bau Nyale. Acara tersebut diperingati dengan mencari cacing pada tanggal 20 bulan 10 pada penanggalan suku Sasak atau hari di mana sang Putri hilang di laut.
Untuk mengingat terus amanat legenda Putri Mandalika untuk rela berkorban, dibangun sebuah monumen yang menggambarkan kejadian sang Putri berdiri di atas batu.
Sumber : fb/Rafa chaniago 

Pos terkait