Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Indramayu Serahkan Bibit Mangga Kepada Petani

Bupati Nina Agustina Serahkan Bibit Mangga Agrimania Kepada Kelompok Tani
INDRAMAYU, WARTAPANTURA.ID – Terkenal sebagai Kota Mangga, Kabupaten Indramayu memang memiliki berbagai varietas mangga yang sudah terkenal seperti Mangga Gajah, Mangga Gedong Gincu dan terutama Mangga Cengkir yang memang khas Indramayu. Popularitas Mangga Indramayu memang sudah menasional bahkan sampai mancanegara.
Namun kini ada mangga varietas baru yang dikembangkan oleh kelompok agrowisata ‘Agrimania Flora Indramayu’ yang berlokasi di komplek wisata Situ Bolang Desa Jatisura Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. Mangga ini disebut sebagai Varian Unggulan Baru (VUB). Namun karena dikembangkan oleh ‘Agrimania Flora Indramayu’ maka mangga jenis ini lebih dikenal sebagai Mangga Agrimania.
Potensi buah Mangga Agrimania semakin nyata untuk dikembangkan. Bahkan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar sendiri mempopulerkan mangga ini sebagai potensi unggulan sekaligus sumber pendapatan masyarakat Kabupaten Indramayu. Bahkan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 Agustus kemarin, Mangga Agrimania Indramayu sudah mampu menembus Istana Presiden RI di Bogor dan menjadi suguhan untuk para tamu presiden. 
Pengembangan mangga Agrimania benar-benar menjadi perhatian Bupati Nina. Hal itulah yang membuat Bupati Indramayu Nina Agustina melakukan Launching dan Penyerahan Bibit Mangga Agrimania kepada kelompok tani se-Wilayah Indramayu Jum’at (21/1/2022). Bertempat di di Agro Edu Wisata Situ Bolang Cikedung Indramayu, Bupati Indramayu yang didampingi H. Urip selaku penggagas Agro Edu Wisata Situ Bolang, Kepala Perangkat Daerah, beberapa Camat dan unsur Forkopimcam memberikan secara simbolis bibit Mangga Agrimania kepada kelompok tani. 
Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, buah Mangga selalu identik dengan Kabupaten Indramayu, akan tetapi masih terdapat daerah yang mengklaim atau ingin mengakui buah mangga yang sebenarnya asli dari Indramayu.
“Mungkin karena kita terlalu banyak memiliki jenis buah mangga, sehingga upaya untuk didaftarkan hak patennya seakan terlambat, sampai-sampai patennya dimiliki oleh daerah lain,” katanya.
Pemerintah daerah mengapresiasi keberadaan Agro Edu Wisata Situ Bolang Cikedung Indramayu yang melakukan pembudidayaan bahkan pengembangan berbagai jenis mangga termasuk Mangga Agrimania yang merupakan varietas baru asli milik Kabupaten Indramayu.
“Keberadaan Agro Edu Wisata Situ Bolang yang mengembangkan berbagai jenis buah mangga, Insya Allah akan semakin dikenal orang bahkan pernah viral hingga ramai dari pengunjung” tambahnya
Apalagi jelas Bupati Nina, terdapat Edu wisata sehingga akan berimbas positif terhadap anak-anak untuk belajar, mengenal bahkan sampai menanam buah Mangga.
Menurutnya, anak-anak bisa belajar tentang tanaman buah mangga seperti Buah Mangga Gedong Gincu yang telah keluar ‘Analysis Gen’. Artinya tidak identik dengan daerah lain akan tetapi resmi milik Indramayu.
“Pemkab Indramayu mohon maaf karena terkendala anggaran. Insya Allah tahun ini sudah dianggarkan jadi akan diajukan kembali ke balai provinsinya dan sudah clear di Dinas Pertanian. Insya Allah awal tahun ini sudah dapat keluar keputusan Menteri Pertanian (Mentan) RI nya,” tambahnya.
Selain itu, jenis buah Mangga Cengkir juga sudah keluar keputusan Mentan RI yang menyatakan bahwa Mangga Cengkir sudah memperoleh Hak Paten milik Indramayu dengan nomor SK: 305/2006 Tentang Pelepasan Mangga Cengkir Indramayu Sebagai Varietas Unggul.
“Selain Mangga Gedong Gincu dan Mangga Cengkir, mari kita bersama-sama dukung buah Mangga Agrimania dan kita wujudkan sebagai potensi keunggulan Indramayu” lanjutnya.
Ditempat yang sama H. Urip, penggagas Agro Edu Wisata Situ Bolang Cikedung Indramayu memaparkan, mangga Agrimania sudah disertifikasi dan mendapatkan SK dari Mentan RI sebagai varietas unggul baru asal Indramayu.
Bahkan, upaya pembudidayaan dan pengembangan buah mangga Agrimania sudah banyak berbuah di sejumlah wilayah. Mangga yang disebut bongsor ini bahkan ada yang sampai memiliki berat hingga 2,2 kilogram tepatnya di Desa Cilandak Kecamatan Anjatan Indramayu.
“Desa Cilandak sudah mengebunkan 1 hektare dan sudah berbuah bahkan sampai terjual secara online. Saat ini malah membutuhkan untuk perluasan lahan kembali,” paparnya.
Urip mengharapkan, pemerintah daerah dapat semakin peduli bahkan terus mendukung pengembangan buah mangga Agrimania sebagai varietas unggul baru asal Kabupaten Indramayu.
“Saya berharap Bupati Indramayu Nina Agustina untuk terus mendukung dengan adanya buah Mangga Agrimania sebagai varietas unggul baru,” pintanya. 

Pos terkait