Upaya Mewujudkan Pengelolaan sampah ,Bupati Bantul Launching Model Pengelolaan Sampah Berbasis BUM-Kal

Bantul, WARTAPANTURA.ID – Dengan ditandai pemukulan bedug, Bupati Bantul hari ini melaunching Model Pengelolaan Sampah Berbasis BUM-Kal guna mendukung Gerakan “Bantul Bersama” di Aula Kalurahan Potorono, Banguntapan. Rabu (3/11/2021).
Dalam upaya mewujudkan model pengelolaan sampah berbasis BUM-Kal tersebut Pemerintah Kabupaten Bantul bersinergi dengan Universitas Ahmad Dahlan dalam pendampingan kepada masyarakat dan kelompok bank sampah. 
Dalam sambutannya, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten Bantul sampah masih menjadi permasalahan yang serius. Maka dari itu, untuk mengurangi permasalahan sampah, pada 12 Oktober lalu Pemkab Bantul telah meluncurkan Gerakan Bantul Bersih Sampah 2025 atau “Bantul Bersama”. 
” Selain itu, Pemkab Bantul juga telah meluncurkan program dana insentif bagi kalurahan dengan indikator pengelolaan sampah memiliki bobot nilai 20 persen dari total penilaian. Dengan demikian, diharapkan seluruh kalurahan akan bahu-membahu mempersiapkan seluruh indikator penilaian sehingga target Bantul Bersama dapat terwujud, ” tutur Bupati.
Lebih lanjut, Bupati berharap pengelolaan sampah Model BUM-Kal di Kalurahan Potorono ini kedepannya akan berhasil, sehingga dapat menjadi percontohan dan diterapkan di kalurahan lain. 
Bupati juga menginginkan agar warga Bantul bisa menerapkan budaya baru dalam mengolah sampah.
“ Setiap warga Bantul mulai hari ini sudah harus meningkatkan budaya baru dalam mengolah sampah yakni sejak dari tingkat rumah tangga untuk membiasakan memilah sampah, ” harap Bupati.
Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Bantul dengan Universitas Ahmad Dahlan terkait model pengelolaan sampah berbasis BUM-Kal serta penyerahan Motor Roda Tiga, MPSO dan Tong Sampah Pilah. 

Pos terkait