Xavi resmi latih Barcelona

Xavi resmi latih Barcelona ( Foto : Istimewa) 
Warta Bola, WARTAPANTURA.ID – Barcelona sekarang kembali mengandalkan mantan pemain untuk menjadi ahli juru taktik mereka.
Xavi resmi kembali ke Barcelona sebagai pelatih tetap setelah dipecatnya Ronald Koeman.
Barca mencopot pelatih asal Belanda itu setelah dikalahkan Rayo Vallecano 1-0 di ajang LaLiga, 27 Oktober kemarin.
Barca kini kembali mengandalkan legenda mereka untuk menstabilkan performa tim, dengan Xavi pulang ke Camp Nou untuk mengambil alih tampuk kepelatihan dari bos sementara Sergi Barjuan.
Xavi adalah salah satu pemain paling berprestasi sepanjang sejarah Barca. Ia memenangkan 25 trofi di Catalunya antara 1997 hingga 2015, termasuk delapan gelar La Liga dan empat Liga Champions Eropa.
Ia mengemas 767 penampilan di Barca, sebuah catatan yang hanya kalah dari Lionel Messi, serta berkontribusi dengan 85 gol dan 185 assist.
Xavi meninggalkan Barca untuk ke Al Sadd pada 2015 dan gantung sepatu empat tahun kemudian sebelum menjadi manajer tetap klub asal Qatar itu, dan memenangkan gelar liga di musim keduanya sebagai pelatih.
Xavi lalu menambah lima trofi lagi bersama Al Sadd, dan kini ia memutuskan sudah saatnya untuk kembali ke Camp Nou setelah beberapa kali menolak tawaran Barca karena merasa masih kurang berpengalaman melatih.
Ia tidak malu-malu mengakui ingin kembali saat santer diisukan akan menjadi pelatih baru Barca, dengan berkata: “Saya sangat ingin pulang ke rumah. Semoga terwujud. Saya masih dikontrak dan kedua klub harus bernegosiasi. Mereka sudah mengetahui posisi saya.”
Kini harapan Xavi sudah terkabul, dengan para petinggi Barca terbang ke Qatar demi menyelesaikan kesepakatan bersama Al Sadd.
Xavi dipastikan akan menjadi pilihan yang disambut baik oleh pendukung Blaugrana, tetapi ia harus berjuang mati-matian untuk membangkitkan klubnya setelah awal musim 2021/22 yang terseok-seok.
Barca sudah kalah tiga kali di La Liga, termasuk saat jadi pecundang El Clasico di kandang sendiri saat menghadapi Real Madrid, dengan Koeman akhirnya gagal menjaga keseimbangan skuad sepeninggal Messi, Antoine Griezmann, dan pemain kunci lain pada musim panas ini.
Rekrutan anyar Memphis Depay, Eric Garcia, dan Sergio Aguero juga belum menunjukkan performa terbaik mereka, dan Barcelona cuma bertengger di peringkat sembilan La Liga, serta terancam tidak lolos dari putaran grup Liga Champions.
Namun Xavi bakal berharap bisa langsung tancap gas. Barca akan melawat ke Celta Vigo, Sabtu (6/11), sebelum jeda internasional yang bakal memberinya waktu untuk penyesuaian.

Pos terkait